Beberapa Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Posted by Pakar Bola

Image-7114Beberapa Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja - Pribadi yang kurang teliti biasanya sering melakukan kesalahan yang tidak disadari. Misalnya ketika menulis lamaran kerja. Padahal banyak perusahaan yang begitu memperhatikan detail lamaran kerja calon karyawan.

Menurut survey yang dilakukan CareerBuilder, lamaran kerja bisa dibilang sebagai jembatan untuk melewati tujuan kita atau pekerjaan yang kita inginkan. Meskipun kita tampak seperti kandidat yang sempurna, kalau ada kesalahan konyol pada surat lamaran kerja, tetap saja kita akan ditolak.

Ada banyak kesalahan konyol ditemukan dalam lamaran kerja. Namun yang paling sering ada adalah typo atau kesalahan ejaan maupun tanda baca. Lebih dari 60% perusahaan bahkan akan langsung menolak si pelamar kerja kalau ada typo dalam lamaran kerja mereka. Waduh...

Kesalahan konyol kedua yang juga tidak sedikit dilakukan saat menulis lamaran kerja adalah kebiasaan menyalin kata-kata. Tuh kan, terbukti plagiarisme memang tidak mendapat tempat di mana pun, bahkan saat melamar kerja.

Kesalahan lain yang biasanya tidak disadari oleh pelamar kerja misalnya:

-   Alamat email yang alay, aneh, dan tidak pantas.
-   Tidak ada daftar kelebihan kita.
-   Lebih dari dua halaman. Lho, itu lamaran kerja apa esai?
-   Dicetak dalam kertas warna-warni.
-   Mencantumkan tugas dan bukan prestasi dari pekerjaan yang sebelumnya. Who cares?
-   Di atas surat lamaran kerja ditempeli foto.
-   Terlalu banyak spasi atau jarak antar paragraf terlalu jauh.

"Salah satu dari manajer HR (human resources) melaporkan mereka menghabiskan kurang dari 30 detik saja saat memperhatikan surat lamaran kerja. Khususnya, ada 40% dari mereka yang menghabiskan waktu kurang dari semenit," terang Rosemary Haefner dari CareerBuilder, seperti yang dikutip dari Live Science (17/07).

Di dalam waktu yang singkat itu, HR sudah bisa menemukan berbagai kesalahan konyol dalam lamaran kerja calon pegawai. Luar biasa sekali bukan? Jadi kalau tidak mau gagal terus-menerus dalam mencari kerja, pastikan detail mengenai lamaran kerja dan jangan sampai melakukan kesalahan konyol apapun!