BlackBerry 10 Akan Absenkan Tombol Fisik

Posted by Pakar Bola

Image634762490681562500Research in Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry menjelaskan bahwa perangkat perdana dengan sistem operasi BlackBerry 10 (BB 10) akan hadir tanpa tombol fisik.

Seperti dikutip dari CBC News, juru bicara RIM Rebecca Freiburger mengonfirmasi bahwa perangkat BB 10 tidak akan memiliki tombol QWERTY fisik. Namun di masa mendatang, RIM akan tetap mempertahankan perangkat BB 10 dengan tombol keyboard fisiknya.

"Kami memang memprioritaskan tombol QWERTY virtual. Tapi kami juga tidak akan meninggalkan tombol QWERTY fisik yang saat ini sudah dikenal oleh masyarakat," kata Freiburger.

CEO RIM Thorsten Heins juga pernah menjelaskan saat konferensi pers di Orlando akhir bulan lalu bahwa RIM tidak akan meninggalkan kepopuleran tombol keyboard fisik.

Produsen BlackBerry ini sedang menyiapkan beberapa perangkat BB 10 yang akan dirilis akhir tahun ini, meski belum ada jadwal peluncurannya.

Kabar tentang RIM tetap akan mempertahankan tombol QWERTY fisik juga telah dijelaskan oleh Senior Manager Content Strategy RIM South East Asia Ben Gillenwater. Alasannya sederhana, tombol fisik Qwerty pada perangkat BlackBerry hingga saat ini masih diinginkan oleh pasar.

Sumber dari News For BlackBerry (N4BB) telah menerima kabar bahwa perangkat BlackBerry yang akan diberikan OS BB 10 pertama kali akan dirilis pada awal September 2012. Rencananya, perangkat dengan QWERTY virtual ini akan diberi nama BlackBerry Nevada.

Sebelumnya, pernah disebutkan bahwa perangkat dengan OS BB 10 pertama kali adalah Blackberi London. Tapi sampai saat ini juga belum ada kabarnya lagi.

Saat ini, BlackBerry Nevada dikabarkan sedang dalam tahap produksi akhir. Artinya, bagi penggemar BlackBerry yang suka dengan tombol QWERTY fisik, maka perangkat dengan OS terbaru BB 10 akan hadir sebentar lagi, setelah perangkat BB 10 perdana dirilis.