Hasil Liga Champions: Chealsea Menang Tipis

Posted by Pakar Bola

Chelsea nyaris kebobolan pada menit-menit awal babak kedua. Di dalam kotak, Cardozo yang berdiri bebas melepaskan tembakan keras. Gawang Chelsea masih selamat karena bola tembakan Cardozo membentur badan Luiz.

Sementara Real Madrid Menang telak atas Tuan Rumah APOEL 0 -3, Lain bagi The Blues. Chelsea Harus kerja keras untuk meraih kemenangan. Mereka terlihat kesulitan menciptakan peluang, meski rajin menyerang. Setidaknya, itu yang terjadi pada 15 menit pertama. Barisan pertahanan Benfica yang digalang Jardel dan kawan-kawan sementara tampil cukup disiplin dalam memutus alur serangan Chelsea.

Benfica pun sesekali menghadirkan serangan yang cukup mengejutkan. Salah satunya terjadi pada menit ke-19. Di dalam kotak penalti, Oscar Cardozo yang mendapatkan pengawalan ketat dari John Terry berhasil melepaskan tendangan voli yang cukup keras. Sayang, usaha Cardozo belum membuahkan hasil karena bola tembakannya masih melebar.

Ancaman tersebut tidak memengaruhi konsistensi serangan yang dilancarkan "The Blues". Fernando Torres dan kawan-kawan terlihat terus bekerja ekstra keras menembus pertahanan Benfica.

Mengatasi kebuntuan tersebut, Chelsea menambah variasi serangannya dengan melakukan tembakan-tembakan dari luar kotak penalti. Raul Meireles mencoba peruntungannya pada menit ke-34. Namun, bola tembakan gelandang asal Portugal itu masih melayang tinggi di atas mistar gawang Benfica.

Gawang Benfica kembali mendapatkan ancaman pada menit ke-38. Torres yang menguasai umpan dari Kalou berhasil merangsek ke dalam kotak penalti. Melihat ruang tembak, Torres langsung melepaskan sepakan keras. Bola tembakan penyerang asal Spanyol itu gagal mengenai sasaran.

Tidak berselang lama, Kalou kembali melepaskan umpan yang cukup cerdik kepada Meireles. Bola umpan Kalou langsung disambut dengan sepakan keras oleh Meireles. Namun, kiper Benfica, Artur, melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gawangnya. Itu menjadi peluang terakhir bagi Chelsea di babak pertama.

Chelsea nyaris kebobolan pada menit-menit awal babak kedua. Di dalam kotak, Cardozo yang berdiri bebas melepaskan tembakan keras. Gawang Chelsea masih selamat karena bola tembakan Cardozo membentur badan Luiz.

Pada menit ke-61, giliran Chelsea yang memiliki peluang emas melalui aksi Juan Mata. Gelandang asal Spanyol itu berhasil mengecoh Artur. Sayang, peluang tersebut gagal dikonversi menjadi gol karena bola tembakan Mata masih membentur tiang.

Tak berselang lama, giliran gawang Chelsea yang nyaris kebobolan. Jardel berhasil menanduk bola ke arah gawang. Beruntung, kiper Petr Cech melakukan penyelamatan gemilang.

Meskipun sulit, Chelsea terus berusaha. Perjuangan mereka pun berujung manis setelah Kalou berhasil merobek gawang Benfica pada menit ke-75. Gol tersebut tidak terlepas dari kerja keras Fernando Torres.

Menerima umpan, Torres yang berada di sisi kiri pertahanan Benfica langsung melakukan penetrasi ke kotak penalti. Meskipun dibayangi oleh Jardel, ia bisa melepaskan umpan silang yang terukur ke arah Kalou. Dengan mudah Kalou berhasil memotong bola dan bersarang ke gawang Benfica.

Tak mau kalah, Benfica mencoba bangkit. Namun, serengan mereka tak terlalu berarti dan Chelsea akhirnya mampu mempertahankan skor 1-0 sampai pertandingan berakhir.

Menurut catatan UEFA, selama pertandingan, Benfica menguasai bola sebanyak 50 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 23 usaha. Adapun Chelsea melepaskan tiga tembakan akurat dari sebelas percobaan.

Susunan Pemain
Benfica: 1-Artur; 4-Luisão, 33-Jardel, 3-Da Conceicao Emerson, 14-Maxi Pereira; 6-Javi Garcia, 8-Bruno Cesar, 20-Nicolas Gaitán, 28-Axel Witsel; 7-Óscar Cardozo, 10-Pablo Aimar

Chelsea: 1-Petr Cech; 26-John Terry, 4-David Luiz, 3-Ashley Cole, 19-Paulo Ferreira (Bosingwa 80); 12-John Mikel Obi, 16-Raul Meireles (Lampard 68), 7-Ramires; 10-Juan Mata, 9-Fernando Torres, 21-Salomon Kalou (Sturridge 80)