Hasil Liga Champhions: APOEL Dihajar Madrid

Posted by Pakar Bola

Real Madrid harus bersusah payah untuk menang 3-0 atas APOEL Nicosia di leg pertama babak perempat final Liga Champions, Selasa atau Rabu (28/3/2012) dini hari WIB. Meski bermain sebagai tim tamu, Real Madrid mampu mendominasi di menit-menit awal. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Cristiano Ronaldo sudah mengancam gawang lawan. Namun, bola tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti masih menyamping tipis ke sisi kiri gawang APOEL.

Lima menit berselang, giliran Mezut Oezil yang mendapatkan peluang. Memanfaatkan umpan dari Karim Benzema, pemain asal Jerman tersebut melepaskan tendangan dari sudut sempit. Sayang, kali ini kiper Dionisis Chiotis masih mampu mengantisipasi bola tendangannya.

Sepanjang babak pertama ini, Madrid lebih menguasai jalannya pertandingan. Berkali-kali penetrasi Ronaldo di sisi kiri membuat repot barisan pertahanan APOEL. Sementara itu, APOEL hanya bisa mengandalkan serangan balik yang tidak terlalu membahayakan pertahanan Madrid.

Pada menit ke-33, Benzema kembali menyia-nyiakan peluang emas. Pemain asal Perancis itu tidak mampu memaksimalkan umpan matang Nuri Sahin dari sisi kiri pertahanan APOEL, meski kiper Chiotis sudah mati langkah.

Madrid terus menyerang dan menciptakan sejumlah peluang. Akan tetapi, rapatnya barisan pertahanan APOEL membuat sejumlah usaha mereka untuk mencetak gol selalu gagal.

Selepas turun minum, situasi permainan tidak terlalu berubah. Melalui kombinasi Ronaldo, Ozil dan Benzema, Madrid beberapa kali menciptakan sejumlah peluang. Sementara, APOEL sendiri lebih bertahan dengan empat sampai enam pemain di kotak penalti jika Madrid melakukan serangan.

Madrid akhirnya memecah kebuntuannya melalui Benzema pada menit ke-74. Pemain asal Perancis itu berhasil menciptakan gol dengan sundulannya memanfaatkan umpan silang Kaka dari sisi kiri pertahanan APOEL.

Delapan menit berselang, giliran pemain pengganti Kaka yang menambah keunggulan Madrid menjadi 2-0. Gol tersebut berawal dari aksi individu Marcelo di sisi kiri yang memberikan umpan matang yang mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Kaka.

Madrid terus menekan. Satu menit menjelang akhir pertandingan, Benzema kembali mencetak gol keduanya sekaligus memantapkan kemenangan Madrid menjadi 3-0. Skor itu pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Menurut catatan UEFA, selama pertandingan, Madrid menguasai bola sebanyak 70 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 24 usaha. Adapun tuan rumah sama sekali tidak melepaskan tembakan.

Susunan Pemain:
APOEL Nicosia: 22-Dionisis Chiotis, 3-Paulo Gomes, 6-Marcelo de Oliveira (4-Kaka 13), 98-William Boaventura, 7-Savvas Poursaitidis, 23-Helio Pinto, 26-Nuno Morais, 29-Nektarious Alexandrou (31-Helder Sousa 45), 10-Costas Charalambides, 8-Aílton Almeida, 11-Ivan Trickovski.

Real Madrid: 1-Iker Casillas, 4-Sergio Ramos, 3-Pepe, 15-Fábio Coentrão, 17-Álvaro Arbeloa, 5-Nuri Sahin, 6-Sami Khedira, 7-Cristiano Ronaldo, 9-Karim Benzema, 20-Gonzalo Higuaín (8-Kaka 64), 10-Mesut Özil.

Wasit: Dr. Felix Brych