Lambat Masuk Pasar, Tablet Windows 8 Ketinggalan "Generasi"

Posted by Pakar Bola

windows 8Microsoft akan mengandalkan Windows 8 sebagai sistem operasi di komputer tablet, untuk bersaing dengan iPad dan tablet Android. Namun belum-belum, seorang analis malah memperkirakan tablet Windows 8 akan dead on arrival alias bakal menuai kegagalan dini.

Adalah analis pasar dari Forrester, JP Gownder yang memprediksi tablet Windows 8 akan kalah dari para pesaingnya, bahkan dari BlackBerry PlayBook sekalipun. Faktor utamanya karena tablet Windows 8 terlambat memasuki pasar.

Gownder berargumentasi bahwa jika ingin sukses, sebuah produk harus segera dikeluarkan mengikuti jejak para kompetitor. Ini akan menaikkan peluang kesuksesan sebuah produk untuk bersaing.

"Para pemain lain telah lama mengeksekusi produk mereka, Apple, Samsung dan lainnya mungkin sudah akan merilis generasi ketiga di kala Windows 8 baru diluncurkan," kata Gownder pada CMag, Rabu (30/11/2011).

Tantangan lain yang dihadapi Microsoft adalah munculnya produk tablet murah dan punya daya tarik besar. Seperti tablet Amazon Kindle Fire serta Barnes & Noble.

Saat ini pun, ketertarikan konsumen terhadap tablet Windows kian menurun. Menurut Gownder, pada kuartal 1 2011 sebanyak 46% konsumen masih tertarik dengan tablet Windows. Namun sekarang jumlahnya tinggal 25%.

Tablet WIndows 8 sendiri kabarnya dibuat oleh beberapa pabrikan. Seperti Nokia yang dilaporkan akan memperkenalkan tablet WIndows 8 pada pertengahan tahun 2012.