Bukannya Untung, Playbook Besutan RIM Justru Bikin “Buntung”

Posted by Pakar Bola

playbook bbBukannya membuat Research in Motion (RIM) meraup untung besar, BlackBerry PlayBook justru membuat produsen asal Kanada itu merugi hingga USD 485 Juta, atau sekitar Rp 4,3 triliun.

Penyebabnya adalah, BlackBerry PlayBook yang diproduksi jauh lebih banyak dibanding jumlah unit yang terjual. Sehingga stok tablet perdana RIM itu masih menumpuk.

Dikutip dari tomsguide, Senin (5/12/2011), RIM mengaku hanya berhasil menjual sekitar 150 ribu PlayBook melalui rekanan mereka. Tapi jika ditotal dengan penjualan retail, diperkirakan jumlahnya bisa lebih banyak.

Sejak awal penjualan PlayBook memang terseok-seok dan harganya pun terus diturunkan demi mencetak angka penjualan yang diharapkan. Dari harga awal USD 500, kini penjual sudah ada yang berani membanderol USD 200.

"RIM masih terus berkomitmen untuk BlackBerry PlayBook, karena kami percaya pasar tablet masih akan terus tumbuh. Meski beberapa faktor menyebabkan persediaan produk ini menumpuk di kuartal ketiga, tapi dengan datangan PlayBook OS 2.0 pasti penjualannya akan lebih baik," kata Mike Lazaridis, Co-CEO RIM.