BB 10 Siap Gempur Pasar Tahun Depan

Posted by Pakar Bola

bb 10Sistem operasi baru dari Research In Motion (RIM) yang diberi nama BlackBerry 10 (BB 10), kabarnya, akan dirilis tahun 2012. Perangkat BlackBerry berbasis BB 10 ini akan menggunakan nama-nama kota dan wilayah, seperti London, Milan, Lisbon, Black Forest, dan Nevada.

Menurut kabar yang didapat dari Crackberry, BlackBerry London (atau yang juga disebut Surfboard) merupakan ponsel pintar berbasis BB 10 pertama yang akan dirilis tahun depan. BlackBerry London dan Milan sebenarnya adalah ponsel yang sama. Hanya saja, London bundling dari Verizon (CDMA), sedangkan Milan bundling dari AT&T (GSM).

Dikabarkan, Lisbon bakal hadir dengan desain slide. Tidak disebutkan kapan produk ini akan dikeluarkan. Sedangkan Black Forest, sebuah perangkat tablet berbasis BB 10 dengan layar 10 inci, merupakan versi besar dari BlackBerry PlayBook.

Perangkat-perangkat berbasis BB 10 itu akan dioperasikan dengan layar sentuh dan tetap menggunakan fitur-fitur unggulan RIM, seperti BlackBerry Messenger dan push mail. Satu-satunya ponsel BB 10 yang menggunakan keyboard Qwerty hanyalah BlackBerry Nevada. Namun, Nevada baru akan diluncurkan pada akhir 2012.

Sayangnya, bocoran kabar ini tidak diikuti dengan informasi fitur dan spesifikasi yang disematkan pada masing-masing perangkat berbasis BB 10, meski foto ponsel BlackBerry London sempat "bocor" dan tersebar di internet beberapa waktu yang lalu.

BB 10 merupakan sistem operasi untuk ponsel dan tablet BlackBerry yang dibangun berdasarkan sistem operasi QNX yang telah digunakan RIM di tablet Playbook.