Nokia Dan Blackberry Masih Jadi Primadona di Indonesia

Posted by Pakar Bola

nokia vs blackbarryRiset dari IDC Asia Pasifik mencatat pengapalan ponsel ke Indonesia mencai 12 juta unit pada kuartal 3 2011. Segmen feature phone masih mendominasi pasar ponsel Tanah Air, namun smartphone atau ponsel cerdas makin bergeliat.

IDC mencatat sebanyak 89% ponsel yang dikapalkan di Indonesia berjenis feature phone yang biasanya berharga murah. Sisanya sebesar 11% adalah smartphone. Pertumbuhan pasar smartphone mencapai 5% dari periode yang sama tahun 2010.

"Meskipun vendor lokal sudah membuat, penjualan smartphone Indonesia dipimpin oleh brand internasional," kata Fajar Hidayat, Market Analyst for Telecommunications Research at IDC Indonesia dalam keterangannya.

Untuk feature phone, IDC mencatat bahwa Nokia masih memimpin. Berturut-turut di posisi tiga besar adalah Nokia, Cross dan Nexian. Kejayaan Nokia antara lain berkat larisnya ponsel dual SIM mereka.

Untuk segmen smartphone, RIM berjaya dengan produk BlackBerry-nya. RIM dikuntit oleh Samsung dan HTC yang masing-masing bercokol di posisi kedua dan ketiga. Posisi Samsung menguat dengan kehadiran ponsel Android murahnya seperti Galaxy Y.

Kehadiran ponsel Android murah diperkirakan mendorong pertumbuhan pasar smartphone. IDC memproyeksi pasar smartphone Indonesia tumbuh 68% di 2012.