Biznet Rangkai TV Kabel Lokal, Kualitas HD

Posted by Pakar Bola

HD qualityPT Supra Primatama Nusantara selaku pemegang merek Biznet Networks bakal merilis televisi kabel di tahun depan. Bisnis tersebut bakal menggabungkan layanan jaringan internet dengan media hiburan, khususnya layanan televisi.

President Director Biznet Networks Adi Kusma menjelaskan, hingga saat ini televisi kabel tersebut masih dalam tahap uji coba di 10 lokasi di kawasan Jabodetabek. "Rencananya kami akan luncurkan pada Mei 2012," kata Adi di Jakarta, Kamis  (22/12/2011) petang.

Uji coba itu akan diperluas dengan penambahan 200 lokasi lagi. Selama masih dalam tahap uji coba, layanan ini disediakan secara gratis.

Diversifikasi bisnis Biznet Networks ini dilakukan karena potensi pengguna layanan TV di Indonesia makin berkembang. Selain itu, pengguna broadband juga meningkat.

Namun, kata Adi, layanan televisi di Indonesia selama ini belum prima karena melalui jaringan satelit ataupun pemancar yang ditangkap dengan perangkat antena. "Sebagai pembeda, kami membuat televisi kabel dengan kualitas high definition (HD)," tuturnya.

Adi yakin bisnis televisi kabel akan makin semarak di 2012. TV berlangganan jaringan satelit, katanya, masih sibuk bermain harga dan jumlah tayangan asing.

Adi mengatakan, TV berlangganan berbasis kabel yang akan dinamai Max3 TV Cable ini menyediakan konten dengan kualitas HD, tetapi isinya diperbanyak dengan konten lokal.

Rencananya, ujar Adi, Max3 ini akan memiliki tayangan produksi in-house dan konten sindikasi. Namun, siapa saja perusahaan sindikasinya, Adi belum bisa mengatakan. Hingga saat ini sudah ada 30 stasiun televisi asing yang bisa dinikmati melalui Max3 TV Cable.

"Dalam 4-5 tahun ke depan, internet akan semakin murah dan cepat. Semua konten media hiburan bisa disaksikan melalui jaringan televisi kabel dengan bantuan internet," pungkasnya.