Cara Mencegah dan Mengatasi Rumbut Bercabang

Posted by Pakar Bola

Image-7021Tipa Kesehatan Rambut, Cara Mencegah dan Mengatasi Rumbut Bercabang - Rambut bercabang adalah masalah bagi kebanyakan orang, terutama wanita. Tanpa disadari, rambut bercabang adalah salah satu akibat dari perawatan rambut yang tidak benar. Bisa jadi pewarnaan rambut, mencuci dan mengeringkan rambut dengan kasar, atau penggunaan bahan-bahan kimia berlebihan pada rambut. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Dan apa yang harus dilakukan jika rambut Anda terlanjur bercabang? Ourvanity.com akan memberikan solusinya.

Jika rambut Anda bercabang

Jika Rambut Anda sudah bercabang, maka satu-satunya cara adalah memotongnya. Tidak ada yang bisa dilakukan oleh produk-produk perawatan rambut jika rambut Anda sudah bercabang. Untuk mengatasi rambut bercabang, potonglah rambut Anda secara teratur, sekitar 6 sampai 8 minggu sekali. Potonglah secepatnya ketika Anda sudah melihat adanya rambut bercabang. Anda boleh memotong rambut Anda sendiri, namun pastikan Anda menggunakan gunting tajam yang tidak merusak rambut Anda.

Bagaimana Cara mencegah Rambut Bercabang?

Untuk mencegah rambut Anda bercabang, perhatikan perawatan rambut Anda. Seringkali Anda tidak sadar telah memperlakukan rambut Anda dengan kasar seperti mengeringkan dan menyisir dengan kasar, lalu menggunakan zat-zat kimia pada rambut Anda secara berlebihan. Untuk mencegahnya Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

1. Hindari penggunaan zat-zat kimia. Rambut yang alami terlihat lebih indah. Jika Anda ingin mengecat rambut Anda, usahakan tidak mengecatnya secara permanen. Atau gunakan bahan-bahan alami jika ingin mewarnai rambut Anda.

2. Lindungi rambut Anda dari bahan kimia yang ada di kolam renang. Anda bisa menggunakan kondisioner, minyak khusus, atau menggunakan topi renang. Pastikan Anda segera membilas dan membersihkan rambut Anda setelah keluar dari kolam renang.

3. Cari tahu apa air yang digunakan di rumah Anda mengandung klorin, kalsium, atau bahan-bahan kimia lain. Jika iya, maka Anda harus meminimalkan penggunaannya.

4. Cara keramas juga dapat membuat rambut Anda bercabang. Anda harus memastikan bahwa sampo yang Anda gunakan cocok untuk rambut Anda. Gunakan sampo hanya di kulit kepala Anda. Ketika membilas, sampo akan mengalir ke ujung rambut dan mencucinya. Sebaliknya, konditioner harus diusapkan pada rambut, bukan kulit kepala. Penggunaan kondisioner pada kulit kepala dapat mengurangi volume rambut Anda secara signifikan. Ingatlah untuk membilas rambut dengan air dingin atau suam-suam kuku, ini akan membantu menjaga rambut Anda tetap lembab.

5. Anda juga harus memperhatikan cara Anda mengeringkan rambut. Keringkan rambut Anda dengan lembut. Menggosok rambut Anda sampai kering dengan menggunakan handuk adalah ide buruk. Cobalah meremas-remas rambut dengan lembut menggunakan handuk. Atau jika Anda memiliki cukup waktu, lebih baik biarkan rambut Anda kering secara alami.

6. Menyikat dan menyisir rambut dengan cara benar juga tak kalah penting. Jangan sikat rambut Anda terlalu keras, ini bisa menyebabkan rambut bercabang. Sisir rambut Anda dengan lembut, mulai dari bagian bawah. Jika rambut Anda kusut, jangan dipaksakan, cobalah melepasnya dengan tangan Anda.

7. Memilih aksesoris rambut juga dapat berpengaruh. Pastikan Anda menggunakan aksesoris dengan bahan yang ramah terhadap rambut, jangan sering-sering menggunakan aksesoris yang terbuat dari logam.