10 Langkah 'Move On' Setelah Putus

Posted by Pakar Bola

putus cintaPutus. Perceraian. Perpisahan. Semua kata itu membuat hati siapapun hancur. Sekalipun mungkin wajah masih bisa tersimpul senyum, namun hati siapa yang tak menangis karena berpisah dengan orang yang (pernah) dicintai?

Kabar yang sedang hangat dibicarakan kali ini cukup mengejutkan. Katie Holmes mendadak menggugat cerai Tom Cruise, pasangan yang menjadi idaman banyak wanita di dunia. Tak ada yang tahu alasan mereka mengajukan gugatan cerai. Pasangan yang selama ini dikabarkan manis dan rukun ini memilih untuk menyimpan alasan perceraian untuk mereka sendiri.

Dan sekalipun Katie yang mengambil langkah awal, bukan berarti hatinya tidak patah dan kecewa. Sebagian besar dari Anda mungkin ada yang mengalami hal yang sama seperti Katie. Untuk itulah kita perlu mengetahui, apa yang harus dilakukan agar kita tetap bisa kuat dan bertahan setelah berpisah?

Kami mengutip Cosmopolitan.com yang menghadirkan seorang terapis Rachel A Susman, penulis buku The Breakup Bible. Dan inilah 10 tips untuk Anda:

Obsesi 15 menitan

Terobsesi dan menjadi emosi itu wajar saat seseorang sedang mengalami masalah. Dan Rachel mengatakan Anda berhak untuk membiarkan pikiran keluar lewat teriakan obsesi dan emosi, namun berikan batasan waktu agar Anda bisa kembali mengontrol diri. Cukup 15 menit saja setiap kali Anda merasa tak kuat menahan beban itu sendirian.

30 hari relaksasi

Berjanjilah untuk memanjakan diri dan merilekskan diri Anda setidaknya selama 30 hari. Hidup sehat, makan cukup, dan lebih baik tidak mengadakan kontak terlebih dahulu dengan sang mantan. Ini akan membantu Anda memulihkan hati Anda yang terluka.

Hapus sebagian 'sejarah'

Dan apabila ada hal-hal yang membuat Anda sedih karena teringat padanya, hapus saja semuanya. SMS-SMS, email, akun Facebook, akun Twitter, ini akan membantu Anda untuk lebih cepat move on.

Minta dukungan dari teman

Jangan malah menyendiri dan mengurung diri. Minta dukungan dari teman untuk membantu memulihkan diri Anda kembali. Ajak mereka jalan-jalan, bergabung dengan komunitas baru, dan jalani kehidupan Anda yang baru secara positif.

Egois itu penting

Mengapa dikatakan egois itu penting? Karena pada saat seperti ini Anda cenderung akan menyalahkan diri sendiri, dan malah menyakiti hati Anda. Jadi, lebih baik piara ego dan pastikan bahwa diri Anda mendapatkan yang terbaik.

Miliki hewan piaraan

"Menurut para peneliti, memelihara hewan piaraan akan membantu mengendalikan dan menyembuhkan emosi," ungkap Sussman. Dan Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk mencurahkan perhatian Anda pada orang lain atau mungkin hewan piaraan.

Nikmati travelling sendirian

Yang asyik adalah ketika Anda bisa menikmati travelling sendirian. Buat rencana bepergian dalam waktu dekat ini, dan pastikan Anda tahu ke mana Anda akan pergi, serta buat peta tempat-tempat mengagumkan yang akan Anda datangi. Ingat, ini adalah liburan Anda.

Beli beberapa barang baru

Biasanya, sebagian barang kenangan akan menimbulkan pedih ketika mengingatnya. Untuk itu, ganti saja semua barang itu dengan barang yang baru, sehingga kenangannya tidak membuat hati Anda kembali terluka.

Pergi ke gym saja

Kabarnya berolahraga selain membantu menjaga kesehatan juga dapat meningkatkan mood. Tak ada salahnya jika Anda memetik manfaat dari berolahraga di gym. Selain sehat, rileks, Anda juga bisa menemukan komunitas baru yang membuat Anda jadi berkembang.

Jangan hindari makeup

Justru perhatikan penampilan Anda dan jangan hindari makeup. Di sini Anda harus tetap membuat diri Anda tetap cantik untuk memaintain rasa percaya diri. Di sisi lain, makeup juga dapat membantu Anda tampil lebih fresh sambil menyembunyikan sisi mata sembab setelah menangis semalaman.

Sudah siap untuk move on, ladies?