Ucapan Pertama "Si Bayi Robot"

Posted by Pakar Bola

Image634757343110468750Sejak usia 6 sampai 14 bulan, setiap anak mulai belajar untuk berbicara dan meniru apa yang mereka dengar. Apakah hal itu juga bisa terjadi pada bayi robot? Sekelompok peneliti dari Universitas Hertfordshire memprogram robot humanoid iCub mereka untuk belajar hampir semua suku kata yang ada dalam bahasa Inggris (sekitar 40.000), seperti yang dilansir di news.discovery.com.

Dipimpin oleh ilmuwan komputer Caroline Lyon, tim menamai robot tiga kaki mereka DeeChee robot. Robot tersebut dapat berinteraksi dalam  dialog delapan menit dengan 34 orang yang bertindak sebagai guru. DeeChee tidak hanya diprogram untuk mendengar dan berbicara secara bergantian, tetapi juga untuk mendeteksi umpan balik positif ketika suku kata diulang.

DeeChee menggunakan database sendiri untuk mengulangi suku kata dasar yang didengarnya. Ppada akhir sesi dialog delapan menit, DeeChee mulai lebih sering mengucapkan kata-kata yang nyata dari suku kata acak. Peneliti kini fokus pada pengajaran bangun ruang dan warna.

"Karya ini menunjukkan potensi sistem interaksi manusia robot dalam studi tentang dinamika akuisisi bahasa awal," tulis Lyon tentang temuan timnya, yang dipublikasikan di PLoS ONE.