Obesitas Bisa Picu Remaja Merokok

Posted by Pakar Bola

Image634761743127228750Remaja yang memiliki berat badan berlebih atau kegemukan biasanya dikaitkan dengan risiko kesehatan tertentu. Tapi ternyata remaja gemuk ini juga berisiko mulai merokok lebih dini.

Studi pertama yang berjudul ‘Risk-Taking Behaviors of Adolescents with Extreme Obesity: Normative or Not?’ dan diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan remaja gemuk ini terlibat dalam perilaku berisiko dan berbahaya termasuk merokok.

Dalam penelitian ini ditemukan remaja yang sangat gemuk telah memulai bereksperimen dengan rokok sebelum usianya mencapai 13 tahun. Kondisi ini lebih banyak ditemukan pada remaja laki-laki.

Megan Benoit Ratcliff dan rekannya mempelajari perilaku berisiko tinggi dari remaja siswa SMA yang memiliki nilai BMI lebih tinggi dari angka normal yang disesuaikan dengan usia dan jenis kelaminnya.

Remaja yang oebsitas cenderung menjadi terisolasi secara sosial dibanding dengan teman-temannya yang memiliki berat badan normal. Tak jarang kondisi ini memicu para remaja untuk melakukan perilaku berisiko termasuk merokok sebagai bentuk pelarian.

Hal ini tentu saja cukup mengkhawatirkan karena remaja yang obesitas sudah berisiko lebih besar mengembangkan masalah kesehatan kronis, jika diperburuk oleh kebiasaan merokok maka risiko tersebut akan semakin besar.

Psikiater S Hossein Fatemi dan Paula J Clayton dalam buku ‘The medical basis of psychiatry’ menuturkan faktor sosial budaya turut memainkan peran yang kuat dalam membentuk perjalanan masa remaja.

"Remaja yang sangat obesitas tentu bisa dipengaruhi oleh stres sosial budaya dan lingkungan, kemungkinan hal inilah yang membuat mereka lebih rentan," ujar keduanya, seperti dikutip dari MedIndia, Minggu (24/6/2012).

Untuk itu diperlukan peran dari berbagai pihak termasuk keluarga dan teman-teman di sekolahnya dalam membantu menghindari diskriminasi sosial budaya pada anak yang memiliki berat badan berlebih, sehingga mengurangi kerentanan adanya perilaku berisiko.