Jika Lelah Selalu Mengintai…

Posted by Pakar Bola

Image634759906773437500Terus menerus merasa lelah atau capek banyak dialami orang, padahal sudah dibawa istirahat dan tidur yang cukup. Pertanda apa lelah yang tak berkesudahan?

Setiap orang tentunya berusaha menyeimbangkan kehidupannya dengan bekerja sambil membesarkan anak, merawat orang-orang tercintanya dan menyenangkan diri sendiri.

Hal ini tentu saja membuat seseorang merasa lelah yang umumnya rasa letih ini akan hilang dan tidak terjadi secara terus menerus. Tapi beberapa orang justru selalu merasa lelah tanpa mengetahui apa yang menyebabkan kelelahan tersebut.

Dikutip dari ABCNews, Selasa (3/8/2010) Dr Mehmet Oz menuturkan ada 4 kondisi medis yang bisa membuat seseorang selalu merasa kelelahan, yaitu:

Anemia
Anemia adalah suatu kondisi akibat konsentrasi sel darah merah yang rendah di dalam darah. Jika sel darah merah berkurang, maka tubuh akan menerima oksigen yang lebih sedikit dibandingkan biasanya. Karena salah satu hal yang membuat seseorang berenergi adalah kadar oksigen yang tinggi di dalam tubuhnya.

Gejala anemia yang timbul termasuk pusing (terutama saat sedang berdiri), sensitif terhadap angin dan warna pucat di bawah lidah atau di dalam kelopak mata. Setiap satu gejala yang muncul sudah menunjukkan ada sesuatu yang salah, tapi jika semua gejala tersebut muncul maka ada kemungkinan seseorang mengalami anemia.

Mendiagnosisnya bisa dengan melakukan pemeriksaan darah, dan pada umumnya bisa diatasi melalui perubahan pola makan dan obat.

Orang anemia harus menambahkan makanan yang kaya akan zat besi seperti brokoli atau daging merah, makanan mengandung vitamin B12 dan folat. Umumnya perempuan lebih sering terkena anemia dibandingkan laki-laki.

Kekurangan magnesium
Tubuh membutuhkan magnesium untuk membantu mengubah makanan menjadi energi. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengalami kekurangan magnesium akan menggunakan oksigen lebih banyak dibandingkan orang dengan tingkat magnesium normal. Dosis magnesium yang dianjurkan sebanyak 320 miligram dan bisa didapatkan dari biji labu atau bayam.

Gangguan hormon tiroid
Sebagian besar orang yang memiliki gangguan tiroid tidak mengetahui bahwa kadar hormonnya kurang atau berlebih di dalam tubuh. Jika kelelahan ini disertai dengan perubahan berat badan, rambut, warna kulit, pembengkakan kelenjar tiroid, maka ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh adanya gangguan produksi hormon tiroid.

Sindrom kelelahan kronis
Diperkirakan kurang dari 20 persen orang yang benar-benar didiagnosis sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS). Orang-orang dengan CFS ini kemungkinan juga mengalami anemia, hipotiroid atau masalah dalam pola makannya.

Dr Oz menuturkan untuk mengatasi masalah ini seseorang harus mengonsumsi obat yang dapat membuat sel lebih efisien dalam menggunakan kortisol sehingga kelenjar adrenal tidak perlu bekerja terlalu keras, bisa meningkatkan umur dari sel, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan energi.