Sajian Naratif Ala Wild Friends

Posted by Pakar Bola

ipadKumpulan foto-foto dari penjuru dunia yang telah dikurasi dikumpulkan jadi 1 dalam sebuah majalah digital bernama Fotopedia. Kini, setelah 'buku' untuk iPad-nya diunduh jutaan kali, Fotopedia merilis aplikasi iPad terbaru mereka bernama 'Wild Friends'.

Alih-alih menyajikan pembaca dengan sekumpulan foto yang nyaris statik di topik yang sama, aplikasi ini menyajikan foto-foto yang berganti setiap hari. Agar lebih menarik, setiap foto yang ada di sini memiliki caption dalam bentuk naratif yang ditulis sendiri oleh sang fotografer.

Fotopedia memulai percobaan dengan wujud menyerupai majalah pada bulan September lalu dengan format HTML5 dan integrasinya ke Flipboard. Ia akhirnya sukses membuat 9 aplikasi, dan diunduh sebanyak 6,2 juta kali. Page viewnya pun cukup tinggi, yakni 100 juta PV per bulan.

Tak hanya merambah iPad, Fotopedia juga berencana untuk menambahkan integrasi ke Facebook Graph. Dengan integrasi ini, pembaca dimungkinkan untuk memamerkan tiap-tiap halaman yang dibrowse, ke dalam Facebook Tickers mereka.

Fotopedia, yang didirikan oleh Jean-Marie Hullot (mantan CTO di NeXT dan Apple) serta 4 veteran Apple, memang berambisi menjadi sebuah ensiklopedia foto dunia.

Audiencenya sendiri sudah lintas benua. Dikutip dari TechCrunch, Jumat (16/12/2011), sebanyak 40% audience Fotopedia berdomisili di Asia.