Punya Jatah Saham, Karyawan FB Ingin ke Luar Angkasa

Posted by Pakar Bola

fbAda banyak karyawan Facebook yang saat ini memiliki jatah employee stock option. Jika Facebook melepas sahamnya ke publik melalui Intial Public Offering (IPO), karyawan ini akan jadi orang kaya baru.

Apa saja yang akan dilakukan mereka dengan uang yang berlimpah itu? Beberapa di antaranya telah diungkap oleh Reuters,  Senin (12/12/2011).

Tentunya para karyawan ini memilih untuk tidak disebutkan namanya dalam pemberitaan. Khawatir akan menarik perhatian orang setelah mereka jadi orang kaya baru.

Salah satu karyawan Facebook mengatakan dirinya akan mengikuti perjalanan luar angkasa dengan uang hasil penjualan jatah sahamnya di Facebook.

Tiket perjalanan luar angkasa, misalnya yang diselenggarakan Virgin Atlantic atau lainnya, memang cukup mahal. Kisaranya mulai dari 200 ribu dollar AS.

Angka itu terbilang kecil dengan nilai taksiran saham yang dimiliki sang karyawan yang mencapai 50 juta dollar AS. "Jika IPO itu terjadi, saya jelas akan membayarnya. Itu adalah impian masa kecil saya," kata sang karyawan.

Facebook dikabarkan bakal melakukan IPO dalam waktu dekat, kemungkinan di awal 2012. Rencananya, IPO akan menempatkan Facebook hingga valuasi 100 miliar dollar AS.

Sekelompok karyawan Facebook lainnya punya rencana yang berbeda. Mereka, yang juga tak mau menarik perhatian dengan dikutip namanya, sedang berencana menggelar ekspedisi di reruntuhan kebudayaan kuno Maya di Amerika Selatan.

Petualangan ala Indiana Jones ini tentunya masih sedang dalam pembahasan. Pilihannya, mereka akan menggelar tim ekspedisi sendiri atau bergabung dengan ekspedisi yang sudah ada.

Tentunya, IPO Facebook masih belum jelas kapan akan terjadi. Kondisi pasar saham dan keuangan global yang tidak stabil juga bisa mendesak valuasi Facebook sehingga tak sebesar yang diperkirakan sebelumnya.

 

 

 

Sumber : Kompas.com