Majel, Interaksi Android Natural Ala Google

Posted by Pakar Bola

majelGoogle dikabarkan sedang berencana meluncurkan fitur serupa Siri untuk melengkapi perangkat Android. Fitur tersebut diberi nama Majel.

Nama Majel, diambil dari nama pengisi suara komputer di film Start Trek, Majel Barrett-Roddenberry (lahir dengan nama Majel Leigh Hudec). Menurut seorang karyawan Google, di situs Android and Me, Majel akan sama atau lebih baik dari Siri.

Majel bisa digunakan untuk berinteraksi dengan perangkat Android dalam bahasa percakapn sehari-hari. Fitur ini akan dilengkapi Google Search, Google Maps, dan Google Image.

Sang karyawan, namanya hanya disebut sebagai Ted, mencontohkan cara penggunaan Majel pada tablet Android. Misalnya, ia menceritakan, pengguna berkata 'tunjukkan patung Liberty' pada Majel. Aplikasi itu akan menampilkan gambar patung Liberty dari Google Image. Namun tampilan yang sama bisa di-swipe untuk menunjukkan hasil pencarian Google Search, penjelasan di Wikipedia hingga lokasinya di Google Maps.

Majel juga bisa melakukan perintah-perintah seperti mengirimkan email dan membuka website tertentu. Salah seorang perwakilan Google lainnya, yang tak ingin disebutkan namanya menambahkan, Majel akan seperti robot yang bisa berbicara dan berinteraksi dengan manusia secara alami.

Majel akan melengkapi fitur voice action yang telah rilis lebih dulu pada Android 2.2 (Froyo). Fitur ini bisa memerintahkan ponsel pintar untuk melakukan berbagai hal, seperti mengirimkan sms, mendengarkan musik, mencari alamat, mengirimkan email, melihat peta, mencari website, hingga menulis notes. Bedanya, Majel akan mengerti percakapan normal, bukan sekadar perintah suara yang harus dihapalkan pengguna.  

Mike Cohen, Manager of Speech Technology Google, mengatakan bahwa Google telah mengakuisisi tim riset Phonetic Arts yang berbasis di Cambridge, Inggris. Akuisisi ini memungkinkan suara yang dihasilkan komputer lebih alami.

Majel diperkirakan bakal tersedia untuk perangkat-perangkat Android terbaru dan diperkirakan rilis Januari atau Februari 2012. Meski demikian, pihak Google Inc belum memberikan pernyataan resmi.

Majel merupakan salah satu penelitian di Google X, laboratorium "rahasia" Google yang mengembangkan berbagai teknologi baru. Selain Majel, proyek lainnya yang sedang dikembangkan di Google X adalah mobil tanpa pengemudi.