Harus Data Asli,Akun Palsu Weibo Terhapus Otomatis

Posted by Pakar Bola

weiboPemerintah China telah mengeluarkan aturan baru yang mengharuskan pengguna situs mikroblogging buatan Cina, Weibo, untuk memasukkan data nama asli mereka. Jika tidak melakukan pendaftaran ulang dalam waktu tiga bulan ke depan, maka akun Weibo yang telah terdaftar akan dihapus secara otomatis.

Data nama asli, sesuai kartu identitas penduduk, harus diisikan dalam program daftar ulang yang dilakukan Weibo atas perintah yang berwajib. Langkah ini diambil pemerintah Beijing karena warga China dianggap sudah mulai menggunakan Weibo untuk melampiaskan amarah maupun kritik mereka terhadap pemerintah.

Weibo juga sudah dipergunakan untuk menyebarkan berita-berita demonstrasi seperti yang terjadi di desa Wukan, China bagian Selatan. Akibatnya, Weibo pun disensor untuk tidak menampilkan berita demonstrasi itu.

Aturan ini berlaku bagi situs yang beroperasi dari Beijing. Dua layanan utama Weibo (Sina dan Sohu) harus patuh karena mereka beroperasi dari Beijing. Sedangkan Tencent, layanan serupa dari perusahaan yang berbeda, tak perlu tunduk karena mereka beroperasi dari Shenzen.

Weibo merupakan layanan mikroblogging yang disetujui pemerintah China untuk "menggantikan" Twitter. Weibo dianggap lebih aman digunakan karena bisa diawasi pemerintah. Namun dengan meningkatnya jumlah pengguna Weibo (layanan Sina saja mencapai 200 juta pengguna), kecepatan informasi Weibo menjadi tidak terkendali dan pemerintah mengalami kesulitan melakukan sensor.