Desain Anggun Dari Acer Aspire S3

Posted by Pakar Bola

acerSiapapun yang baru melihat tampilan Acer Aspire S3 pasti tergoda dengan bentuknya yang langsing, desainnya unik, serta warna yang mempertegas kesan eksklusif. Lalu bagaimana performanya?

Aspire S3 diklaim Acer sebagai ultrabook pertama yang tersedia di pasaran. Sesuai dengan jenisnya, produk ini memang menjagokan desain ramping, mudah dipakai, sampai daya tahan baterai yang di atas rata-rata.

Tampilan Menggoda

Tak dipungkiri lagi jika Acer Aspire S3 memiliki tampilan yang menggoda. Seluruh bagian tubuhnya dibalut dari bahan aluminium alloy yang terbukti kuat, ringan, serta manjur memberikan citra premium untuk produk yang menggunakannya.

Komputer jinjing ini juga sangat tipis. Ketika ditutup tebalnya tak lebih dari sebuah hardisk eksternal 1 TB terkini. Pun demikian, bobotnya juga ringan hanya 1,35 kg, sedikit lebih berat dari kebanyakan netbook berukuran 10.1 inch.

Beranjak ke bagian dalam. Tombol keyboard, touchpad, hingga logo Windows 7 dan Intel Core i5 pada Acer Aspire S3 memiliki warna yang serupa dengan bagian bodi, silver. Tapi masalah kenyamanan tetap tak dilupakan.

Setiap tuts keyboard begitu nyaman, tidak berisik ketika digunakan untuk mengetik dengan cepat sekalipun. Tapi sayang tombol 4 arah panah terlalu kecil. Sedangkan untuk touchpad, kedua tombol klik kanan dan kiri sudah terintegrasi di dalamnya, jadi dibutuhkan sedikit penyesuaian agar tak salah pencet.

Acer Aspire S3 juga memiliki tata letak port yang layak diacungkan jempol. Dua port USB dan sebuah port HDMI serta port charger ditempatkan di bagian belakang, sementara di bagian kirinya hanya terdapat port audio 3,5 mm dan di sebelah kanan terdapat slot card reader. Desain seperti ini terbukti mampu meningkatkan kenyamanan para penggunanya.

Makin nyaman lagi berkat pembuangan udara panas diletakan di bagian belakang dan layar Acer Aspire S3 nyaris bisa ditekuk hingga 180 derajat. Sedangkan di kedua engselnya produk sudah bahan metal yang kokoh, cukup untuk mengurangi kecemasan pengguna ketika menekuk layarnya secara lebar.

Beranjak ke bagian bawah. Acer Aspire S3 menggunakan 4 buah karet sebagai pengganjal agar bodinya tidak bersentuhan dengan lantai. Kemudian di kedua sisi diletakkan masing-masing sebuah speaker internal dengan kualitas suara standart.

Lalu yang sangat membedakan dengan kebanyakan laptop lainnya adalah, tidak ditemukan tuas pembuka baterai. Ya, Acer Aspire S3 memiliki desain unibodi yang membutuhkan penanganan khusus ketika ingin mengganti baterai.

Well, penampilan Acer Aspire S3 memang terbukti memikat siapa pun yang baru mencicipinya. Kini saatnya menguji seberapa cepat produk ini mengolah data.

Performa Kelas Menengah

Acer Aspire S3 menggunakan prosesor Intel Core i5-2467M berkecepatan 1.60 GHz, sebuah 'otak' yang memang dirancang untuk menggunakan energi seminim mungkin namun tetap bertenaga.

Ketika digunakan untuk membuka situs berbasis HTML 5, menyaksikan video high definition, atau membuka aplikasi kantoran dan pengolah gambar secara bersamaan masih mampu ditangani produk ini dengan baik.

Namun jangan berpikir menggunakan produk ini untuk memainkan game sekelas DiRT 3 atau Assassins Creed. Sebab Acer Aspire S3 memang tidak dirancang untuk keperluan tersebut, melainkan lebih ke pengguna yang mementingkan laptop hemat baterai dan mudah dibawa-bawa.

Kualitas Gambar dan Suara

Acer Aspire S3 hadir dengan layar 13 inch dengan resolusi 1366 x 768 pixel, cukup besar jika hanya digunakan untuk mengolah dukumen dan sejenisnya. Sedangkan untuk menonton film HD, meski layarnya terlalu kecil namun terlihat sangat baik, pencahayaan terlihat pas dengan detail yang cukup tajam.

Menyaksikan tayangan HD pada notebook ini juga ditopang oleh kualitas suara sekelas Dolby. Ya, di pojok kiri Acer Aspire S3 terlihat sebuah tulisan Dolby Home Theater, mengisyaratkan produk ini sudah mendukung output teknologi tersebut.

Entah itu musik, film atau game akan terdengar cukup nendang melalui laptop ini. Hanya saja harus menggunakan speaker eksternal, sedangkan speker di dalam produk ini hanya mampu menghasilkan suara seadanya.

Sejumlah Fitur Unggulan

Acer Aspire S3 terlahir dengan 2 fitur andalan yang diciptakan beberapa fitur unggulan seperti, Instant On, baterai yang tahan lama, hingga beragam jenis aplikasi. Yukk.. kupas satu per satu fitur tersebut.

Instant On, sesuai dengan namanya, produk ini bisa cepat digunakan ketika dalam posisi 'tertidur' atau ketika laptop ditutup seketika. Sekitar 2-3 detik hingga komputer bisa digunakan. Selain itu Aspire S3 juga mampu terhubung dengan Wi-fi terdekat dengan cepat, yakni sekitar 2-5 detik

Aspire S3 diklaim mampu digunakan hingga 7 jam non stop, produk ini hanya bertahan sekitar 4 jam. Pengujian tersebut dilakukan dengan laptop dalam kondisi online melalui Wi-fi, membuka setengah lusin tab di Firefox, mengetik dengan notepad, dan sebuah flashdisk yang tertancap. Cukup iritkah?

Sedangkan untuk aplikasi produk ini sudah terbilang cukup komplit. Sudah ada pre-installed McAfee Internet Security, Windows Live Essentials, Skype, Times Reader newsXpresso, Nook for PC, dan beberapa game ringan yang menarik.

Tak ketinggalan juga aplikasi buatan Acer bertajuk Clear.fi, aplikasi ini berguna untuk berbagi file melalui Wi-fi sekaligus mengoptimalisasi sumber daya baterai.

Dilihat dari bentuk, fitur, dan spesifikasi yang diusungnya jelas sekali Aspire S3 membidik para pengguna yang ingin tampil simple. Produk ini memang memiliki keunggulan dari segi desain dan bobotnya yang ringan, namun sayang daya tahan baterai tidak sesuai seperti yang dijanjikan.

Kelebihan:
+ Desain menarik
+ Ringan
+ Performa cukup baik

Kekurangan:
- Baterai tak seperti yang dijanjikan

Spesifikasi Acer Aspire S3


  • Prosesor: Intel Core i5-2467M ULV
  • Memory: DDR3 4 GB
  • Layar: 13,3 inci, 1366 X 768 pixel
  • VGA: Intel HD Graphic 3000
  • Hardisk: 320 GB
  • Port: HDMI, 2 X USB
  • Webcam: 1,3 MP
  • Sistem Operasi: Windows 7 64bit
  • Bobot: 1,35 Kg