Anjangsana Google pada Motorola

Posted by Pakar Bola

tablet googleGoogle dikabarkan tengah menjajaki kerja sama dengan Motorola untuk membuat tablet Android. Sistem operasi yang digunakan bukan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), tetapi Android versi 4.1 yang belum ditentukan namanya.

Seperti dikutip DigiTimes, kabar tersebut muncul saat Chairman Google Eric Schmidt memberikan komentar di konferensi pers pada pertengahan Desember yang menyatakan  Google akan membuat tablet Android pada pertengahan tahun 2012.

Jika kabar ini benar, tablet Google-Motorola ini akan menggunakan versi Android yang dirancang bekerja baik di perangkat tablet. Sebelumnya, Google telah memiliki Android "murni untuk tablet" di Android 3.0 alias Honeycomb. Saat ini, kebanyakan tablet Android yang ada baru menggunakan Gingerbread (Android 2.3) dan sebagian baru akan di-upgrade ke Ice Cream Sandwich tahun depan.

Kabar Google akan membuat tablet sendiri, kemungkinan akan membuat khawatir para mitra Google, seperti Samsung dan Acer. Namun, kekhawatiran tersebut tak beralasan karena seperti inilah kebiasaan Google dalam merilis sebuah Android versi terbaru.

Contoh terdekat adalah saat merilis Android 4.0, Google merangkul Samsung untuk membuat smartphone Galaxy Nexus. Smartphone inilah yang menjadi perangkat pertama yang menggunakan Android Ice Cream Sandwich tersebut.

Kemungkinan yang mendasari kekhawatiran para mitra Google karena kali ini yang dirangkul Google adalah Motorola yang notabene ada kedekatan khusus dengan Google. Google sebelumnya memang telah mengakuisisi Motorola Mobility Holdings sebesar 12,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 112 triliun.