Kiat Suskses Wawancara Kerja

Posted by Pakar Bola

Image-7340Kiat Suskses Wawancara Kerja - Saat kita sedang mencari kerja, ada satu hal yang tidak bisa kita sepelekan, yaitu tahap wawancara kerja. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa sekitar 65% pencari kerja gagal pada tahap wawancara. Padahal tinggal selangkah lagi bisa dinyatakan diterima menjadi karyawan bila berhasil melewati tahap wawancara kerja ini. Oleh karena itu, kita harus memahami betul tips wawancara kerja agar kita bisa melewati tahap ini dengan baik.
Berikut ini adalah beberapa tips wawancara kerja:

1. PELAJARI SEGALA HAL TENTANG PERUSAHAAN
Saat kita mendapatkan panggilan untuk wawancara, secara otomatis kita telah tahu nama dari perusahaan yang kita lamar tersebut. Bahkan walaupun sebuah perusahaan memasang lowongan kerja tanpa menyebutkan nama perusahaan (hanya menyebutkan PO BOX), mereka pasti akan menginfokan nama perusahaan saat mereka memanggil karyawan untuk interview. Oleh karena itu, tugas kita untuk memperlajari segala sesuatu tentang perusahaan tersebut. Kita bisa mencari informasi secara online di internet bila perlu.
2. MANFAATKAN KENALAN
Bila memang ada kenalan kita yang bekerja di tempat tersebut atau sebagai kolega / client dari perusahaan tersebut, maka tidak ada salahnya kita memanfaatkan mereka demi kelancaran proses wawancara kerja kita.
3. 'BELAJAR' WAWANCARA
Tidak ada salahnya kita belajar seolah - olah kita sedang diwawancara. Kita bisa meminta bantuan teman/saudara/keluarga kita untuk mewawancarai kita. Pada saat selesai belajar, jangan lupa tanyakan kepada mereka tentang pendapat mereka atas jawaban - jawaban kita.
4. TINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK WAWANCARA KITA
Proses wawancara kerja merupakan kesempatan kita untuk bersinat. Apa yang kita ucapkan dan apa yang kita lakukan bisa membawa kita memiliki kesempatan untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut atau bahkan 'menendang' kita dari daftar calon karyawan potensial. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan teknik wawancara kita supaya kita bisa mendapatkan pekerjaan yang kita impikan.
5. GUNAKAN PAKAIAN YANG PANTAS
Kesan pertama bisa membuat kita memiliki kesempatan yang besar untuk diterima menjadi karyawan. Kesan yang diterima oleh pewawancara bisa sangat berpengaruh terhadap daftar pertanyaan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berpakaian dengan style profesional untuk memuluskan tahap wawancara kerja kita
6. SIAPKAN NOMER KONTAK YANG BISA DIHUBUNGI
Tahap wawancara kerja tidak selalu dilakukan dengan cara face to face, namun terkadang juga dilakukan melalui telepon. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengaktifkan nomer kontak yang kita cantumkan dalam surat lamaran.