Timnas Indonesia Targetkan Lolos Putaran Final Piala Asia

Posted by Pakar Bola

Timnas Indonesia Targetkan Lolos Putaran Final Piala Asia - Persiapan timnas Indonesia U-22 sudah mencapai 100 persen. Mereka pun siap mewujudkan target lolos ke putaran final Piala Asia 2013.

"Persiapan sudah 100 persen. Tim inti sudah ketemu. Kami mungkin perlu lakukan rotasi pemain untuk 4 kali pertandingan nanti dengan strategi khusus," ujar asisten pelatih Widodo C. Putro saat dihubungi wartawan, Senin (2/7/2012).

Di babak kualifikasi Piala Asia 2013, Indonesia tergabung dalam Grup E bersama Austalia, Jepang, Makau, Singapura, dan Timor Leste. Di partai pertama, skuad "Garuda Muda" akan bertarung melawan Australia di Stadion Utama Riau pada 5 Juli.

Untuk komposisi tim inti dengan formasi 4-2-3-1, Widodo sudah menemukan nama-nama seperi Fandi Eko Utomo (PON Jatim) diplot sebagai target man. Sementara Andik Vermansyah (Persebaya), Yosua Pahabol (Semen Padang), Hendra Adi Bayauw bertugas menompang kinerja Fandi Eko Utomo.

Sedangkan duo pemain PSM Makasar Kurniawan dan Rasyid Assahid Bakri ditugasi menjadi gelandang bertahan. Dalam mengamankan daerah pertahanan, mereka dibantu empat bek yaitu, Novrianto (PON Pekanbaru), Agus Nova Wiantara (Bali Devata), Nurmufid Fastaqibul Khoirot (Persebaya) dan Ahmad Faris Ardiansyah (Gresik United).

Nama-nama tersebut menjadi pegangan setelah menjalani serangkai ujicoba, yaitu melawan Diklat Salatiga, Persibangga Purbalingga, tim PON Jawa Timur, Persiba Bantul dan tim PON Riau.

"Persoalan sekarang tinggal kesiapan mental. Selama ujicoba mereka menunjukkan permainan bagus. Tetapi semua itu belum teruji di pertandingan resmi. Yang pasti kami juga menyiapkan tim pelapisnya agar tidak timpang. Karena kami menjalani 4 pertandingan di Kualifikasi Piala Asia ini," tukas dia.