Makanan Terbaik Untuk Berbuka Puasa, Kurma

Posted by Pakar Bola

Image-6991Makanan Terbaik Untuk Berbuka Puasa, Kurma - Buah kurma adalah satu kuliner wajib yang dihidangkan selama bulan puasa. Sebab buah kurma dipercaya mampu memberikan energi pada tubuh selama berpuasa. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Department of Health and Human Sciences pun menyebutkan kurma merupakan makanan paling ideal yang memberikan nutrisi dan manfaat kesehatan secara maksimal.

Kurma memang bukan hanya lezat, namun mengandung banyak gizi yang diperlukan tubuh. Simak daftar nutrisi kurma selengkapnya seperti yang dilansir dari livestrong.com (27/06) berikut ini.

Kalori, lemak, dan kolesterol
Seperempat cangkir kurma kering tanpa biji bisa mengandung 120 kalori. Buah yang memiliki rasa manis yang khas ini hampir tidak memiliki kandungan lemak atau kolesterol. Sehingga zat gizi maksimal kurma bisa Anda nikmati tanpa takut akan komponen berbahaya di dalamnya.

Protein, serat, dan karbohidrat
Sama dengan ukuran sebelumnya, kurma mengandung 1 gram protein yang berarti 2% dari saran asupan protein harian Anda. Kurma juga mengandung 35 gram karbohidrat dan 3 gram serat, yang merupakan 15% dari jumlah saran asupan serat harian. Ketiga nutrisi tersebut adalah pemberi energi pada tubuh. Jadi jelas mengapa sekarang kurma memang benar-benar dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa.

Vitamin
Vitamin B kompleks adalah kandungan yang paling banyak pada kurma, diantaranya Vitamin B6, vitamin B3, dan vitamin B2.

Mineral
Terakhir, buah kurma kaya akan mineral yang terdiri dari magnesium agar fungsi otot bekerja dengan baik, zat besi sebagai pendukung sirkulasi oksigen dalam tubuh, dan fosfor yang membantu perkembangan tulang kuat.

Setelah mengetahui banyak nutrisi yang terkandung dalam buah kurma, kini tidak ada alasan bagi Anda untuk melewatkan buah yang satu ini di atas meja makan selama bulan puasa.