Trik Cukur Bersih Tanpa Bulu Tanpa Luka

Posted by Pakar Bola

Image634747015012031250Pertumbuhan bulu-bulu yang tidak diinginkan di area seperti ketiak, kaki atau tangan bagi beberapa orang tentu sangat mengganggu penampilan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu tersebut, salah satunya dengan mencukur, melakukan perawatan waxing di salon kecantikan, bahkan bisa juga dengan laser.

Namun terkadang, ditengah aktivitas yang padat, melakukan perawatan di salon sangat sulit dilakukan. Untuk itu, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara mencukur atau shaving. Namun seringkali terjadi iritasi setelah pencukuran bulu. Agar terhindar dari iritasi, ikuti tips mencukur bulu yang aman seperti dikutip dari Daily Glow berikut ini:

1. Hindari Mencukur di Daerah Iritasi
Menurut Jessica Wu, MD, asisten profesor dermatologi klinis di University of Southern California Medical School, sebelum mencukur area-area sensitif seperti daerah ketiak, pastikan Anda menghindari mencukur bagian yang kemerahan karena iritasi dari kegiatan mencukur sebelumnya, karena akan membuat kulit lebih teriritasi. Sebaiknya, tunggu sampai kulit sembuh dan bulu telah tumbuh. Agar terhindar dari iritasi, gunakan krim khusus shaving.

2. Cukur Ke Arah Berlawanan untuk Bulu Ketiak
Mungkin Anda sering dengar, untuk mendapatkan hasil cukuran yang baik, Anda harus mencukur sesuai dengan arah pertumbuhan rambut. Namun, mencukur sesuai arah rambut hanya berlaku untuk rambut-rambut halus bagian kaki dan tangan. Untuk rambut halus di daerah ketiak, Anda bisa mencukurnya dari arah yang berlawanan.

3. Mengatasi Kulit yang Teriritasi
Ketika Anda menyadari kulit Anda teriritasi setelah mencukur, segera oleskan gel atau lotion yang mengandung lidah buaya untuk membantu mendinginkan kulit teriritasi. Atau jika kondisi iritasi memburuk, segera kompres area tersebut dengan meletakkan handuk dingin di daerah tersebut.

4. Benzoyl Peroxide
Ketika mencukur, Anda mungkin menemukan rambut yang tumbuh kedalam dan membuat tampilan ketiak menjadi tidak bersih, dengan bintik-bintik hitam seperti bulu yang mau tumbuh. Gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide yang akan menghambat pertumbuhan rambut tersebut dan membuat kulit tetap bersih. "Benzoyl Peroxide mengandung antiseptik dan mencegah folikel rambut menjadi meradang," jelas Doris Day, MD, seorang asisten profesor dermatologi klinis di New York University Medical School.