Mr.P Bengkak, Awas Sulit Punya Anak!

Posted by Pakar Bola

Image634753877632656250Testis atau buah zakar merupakan salah satu aset paling berharga bagi seorang laki-laki. Jika mengalami benturan lalu bengkak dan kalau diraba terasa hangat, langsung periksakan ke dokter sebelum terjadi kerusakan yang bisa membuatnya berhenti memproduksi sperma.

Tingkat keparahan cedera testis sangat tergantung pada kuatnya benturan. Benturan yang ringan mungkin hanya melukai bagian tepi, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan selain rasa ngilu yang memang sangat traumatis bagi laki-laki manapun yang mengalaminya.

Namun jika benturannya begitu keras hingga menyebabkan perdarahan, maka sangat dianjurkan untuk langsung dibawa ke dokter. Perdarahan yang terjadi di dalam kantong testis akan makin menumpuk, menjepit organ testis dan membuat struktur organnya rusak karena kekurangan oksigen.

"Sangat segera. Harus segera dibawa ke dokter karena harus diistirahatkan untuk melihat apakah perdarahannya berlanjut. Kalau memang perlu, harus dilakukan operasi untuk membuka kantong testis," kata Dr Em Yunir, SpPD-KEMD dari Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) dalam jumpa pers Hipogonadisme pada Pria dan Masalah Keganasan Kelenjar Tiroid di Hotel Mandarin, Jumat (15/6/2012).

Benturan yang disertai perdarahan umumnya bisa dikenali dengan cara dilihat penampakan fisiknya, serta dengan cara diraba. Jika tampak membengkak dan ketika diraba terasa hangat, maka kemungkinan besar benturan pada testis telah menyebabkan perdarahan di dalam kantong zakar dan harus sesegera mungkin diperiksakan.

Kerusakan yang terjadi pada organ testis bisa sangat fatal dampaknya bagi seorang laki-laki. Salah satu fungsi testis adalah menghasilkan sel sperma, sehingga kalau tidak berfungsi dengan baik maka laki-laki tersebut akan kesulitan membuahi pasangan untuk mendapat keturunan.

Benturan yang bisa memicu cedera pada testis antara lain jatuh dari sepeda, kena tendang saat berkelahi maupun kecelakaan-kecelakaan lainnya. Dilihat dari posisinya yang berada di luar rongga tubuh, secara anatomis testis memang sangat rentan mengalami cedera karena tidak terlindungi dengan baik.