Ketika "Kantong Kering" Orang Cenderung Pilih Junkfood

Posted by Pakar Bola

Image634758191415937500Sehabis gajian, orang-orang akan cenderung menghamburkan uangnya untuk makan makanan yang enak dan mahal, kadangkala juga makanan bergizi tinggi.

Sebaliknya, jika keuangan mulai menipis maka orang-orang ini akan mengambil lebih banyak risiko dengan makanannya.

Hal ini diungkap dari sebuah survei yang dilakukan oleh Food Standards Agency di Inggris.

Survei yang melibatkan hampir 2.000 orang di seluruh Inggris ini juga menunjukkan lebih dari separuh orang Inggris berusaha untuk menghemat uangnya dengan memanfaatkan kembali makanan-makanan sisa yang ada, termasuk mengabaikan tanggal penggunaan (use by) serta menyimpan makanan sisa di lemari es untuk jangka waktu yang lama.

Padahal jumlah kasus keracunan makanan akan memuncak pada musim kemarau karena cuaca yang lebih hangat mendorong kuman-kuman untuk tumbuh lebih cepat.

Label 'use by' dan 'best before' memberi informasi tentang seberapa lama suatu makanan dapat disimpan sebelum kondisinya basi atau rusak.

Untuk makanan bertuliskan 'use by' berarti makanan itu harus dikonsumsi sebelum tanggal yang dicantumkan dan jika melebihi tanggal itu berarti makanannya harus dibuang.

'Best before' berarti makanan itu masih aman dikonsumsi setelah tanggal yang tertera, asalkan kondisinya tidak rusak atau basi.

"Sebagian besar dari kita melihat bahwa tagihan belanja mingguan kita telah mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, kita semua mencari cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari anggaran belanja kita itu.

"Caranya dengan menggunakan makanan sisa. Meski begitu, kecuali jika kita berhati-hati, masih ada kemungkinan bagi kita untuk mendapatkan risiko keracunan makanan dengan tidak menyimpan atau menangani makanan itu dengan benar," tandas Bob Martin, seorang ahli keamanan makanan di Food Standards Agency seperti dilansir dari BBC, Selasa (12/6/2012).

FSA pun menyatakan bahwa sepertiga orang cenderung menggunakan tampilan dan aroma makanan untuk melihat apakah makanan itu masih aman dikonsumsi atau tidak daripada mengcek tanggal penggunaannya (use by).

Martin mengatakan: "Biasanya kita hanya mengendus makanan untuk melihat apakah itu sudah basi atau belum, tetapi bakteri makanan seperti E.coli dan salmonella tidak menyebabkan makanan berbau basi, bahkan ketika jumlah kedua bakteri itu meningkat dan menjadikan makanan itu berbahaya untuk dimakan. Jadi mungkin tampilan dan bau makanan itu baik namun bisa saja berbahaya."

FSA menyarankan agar makanan sisa harus dimasukkan ke dalam lemari es sesegera mungkin, kemudian dihabiskan dalam waktu dua hari dan jika akan dikonsumsi, makanan itu harus dimasak lagi sampai matang.

Setiap tahunnya ada sekitar 70.000 kasus keracunan makanan yang tercatat terjadi di Inggris dan Wales. Beberapa penyebabnya antara lain makanan tidak dimasak makanan sampai benar-benar matang, tidak menyimpan makanan yang bisa didinginkan dengan benar atau karena ada orang yang sakit atau tangannya kotor lalu menyentuh makanan.

Dengan mencuci seluruh tangan sebelum dan sesudah menyiapkan, menyimpan, menangani dan memasak makanan, maka risikonya bisa diminimalisir.

Andrew Wilson dari British Dietetic Association mengatakan: "Tanggal penggunaan (use by) pada makanan berfungsi untuk melindungi konsumen dari bakteri berbahaya yang mungkin tumbuh dalam makanan, bahkan jika penampilan dan bau makanan itu oke-oke saja, namun bisa saja makanan itu menyimpan bakteri penyebab keracunan makanan.

Lebih baik selalu ikuti aturan kebersihan makanan ketika mempersiapkan dan menyimpan bahan makanan berisiko tinggi seperti daging dan ikan.

Keracunan makanan itu sendiri bukan saja tidak menyenangkan tetapi juga bisa berpotensi mengancam nyawa. Terlebih lagi, tak ada gunanya mengambil risiko dengan keamanan makanan.

Berikut tips menjaga keamanan makanan, seperti dilansir Food Standards Agency:
- Pahami tanggal 'Use By' dan 'Best Before'
1. Tanggal 'use by' biasanya muncul pada makanan yang mudah basi. Berbahaya jika Anda makan makanan melebihi tanggal ini, meskipun tampilan dan baunya baik-baik saja. Namun jika dimasak atau didinginkan, konsumsi makanan itu bisa diperpanjang di atas tanggal 'use by'-nya.
2. Mengonsumsi makanan setelah tanggal 'best before'-nya lewat tak berarti tak aman. Namun pengecualian untuk label ini adalah telur, karena disajikan secara matang maka telur bisa dimakan 1-2 hari setelah tanggal 'best before'-nya.

- Gunakan makanan sisa secara aman
1. Jika Anda berniat menyimpan makanan sisa di dalam lemari es, dinginkan makanan itu sesegera mungkin (dalam waktu 90 menit). Bungkus dengan plastik lalu makanlah selama dua hari.
2. Jika makanan sisa itu membeku, keluarkan dari lemari es dan biarkan agak mencair lalu konsumsi dalam waktu 3 bulan.