Hilangkan Kesan Semrawut Pada TV Anda

Posted by Pakar Bola

Image634748719457868750Perangkat-perangkat elektronikterutama TV yang mejadi pusat perhatiankerap memberi kesan berantakan di ruang keluarga dengan kabel-kabelnya yang semrawut.

Bagaimana jika semua perangkat elektronik tersebut bisa "diselipkan" sedemikian rupa ke dalam furnitur sehingga tampil lebih indah di mata? Ide inilah yang mendasari diluncurkannya lini produk Uppleva dari Ikea.

Perusahaan furnitur asal Swedia ini bulan Mei lalu memperkenalkan set ruang tamu komplet berupa kabinet, lemari, dan laci yang dilengkapi dengan pesawat televisi beresolusi tinggi (HDTV) yang terintegrasi.

Maksudnya, perangkat TV tersebut menyatu dengan desain kabinet yang dibuat khusus sehingga terlihat sangat serasi dengan penampilan ruang tamu.
 
Ikea bahkan turut membekali set ruang tamu yang diberi nama Uppleva ini dengan sistem audio, lengkap dengan unit subwoofer nirkabel yang bisa ditempatkan di mana pun sesuai selera. Laci-laci untuk menyimpan perangkat elektronik lain, seperti video player atau console game juga disediakan.

"Orang-orang berpikir bahwa televisi adalah bagian dari furnitur. Namun, perangkat ini terlalu berkesan teknis dengan kabel-kabelnya. Kerumitan tersebut tidak cocok dengan lingkungan rumah, jadi kami memutuskan untuk menyatukan dunia elektronik dan furnitur," ujar Francis Cayouette, desainer Uppleva.

Perusahaan furnitur ini pun sangat serius dengan spesifikasi TV yang ditanamnya pada set ruang tamu Uppleva. Unit televisi yang dibuat bekerja sama dengan produsen elektronik China, TCL Multimedia, tersebut memiliki resolusi 1920 x 1080 dan dilengkapi dengan beberapa aplikasi built-in.

Cara penggunaan unit TV diusahakan agar tetap simpel dan mudah dimengerti. "Kami membuat antarmuka yang sederhana dan gampang dipakai dengan hanya sedikit ikon," urai Cayouette.

Remote-nya pun sederhana, dengan hanya sedikit tombol. Fungsi-fungsi tingkat lanjut bisa diakses lewat mekanisme sliding yang akan membuka serangkaian tombol tambahan.

Uppleva tersedia dalam beberapa pilihan model dan warna, dengan ukuran televisi mulai dari 24 inci hingga 46 inci. Harga kisarannya mulai dari 960 dollar AS atau sekitar Rp 9 juta untuk set ruang keluarga termasuk TV, lemari, pemutar Blue-Ray, dan sistem audio dua speaker ditambah satu subwoofer.