Google Docs Jadi Sarang Empuk Peretas

Posted by Pakar Bola

Image634750478132031250Peretas usil memang tidak pernah kehabisan akal untuk melakukan aksinya. Kali ini ditemukan sebuah modus pencurian password yang menggunakan Google Docs. Seperti apa?

Kehadiran Google Docs memang cukup bermanfaat. Dengan layanan ini pengguna bisa mengolah berbagai macam dokumen dengan cara yang praktis, bahkan tanpa perlu membayar.

Tapi apa yang ditawarkan Google Docs ternyata mulai dimanfaatkan para bandit dunia maya untuk mencuri informasi korbannya, termasuk password dan data diri lainnya.

Seperti dikutip dari Sophos, Senin (4/6/2012), mulai marak beredar sebuah email 'sampah' yang berisikan soal akun email calon korban yang akan segera ditangguhkan. Dalam email tersebut juga dilampirkan tautan yang merujuk ke layanan Google Docs.

Calon korban yang merasa penasaran pun akan segera dibawa ke sebuah halaman di Google Docs. Isinya? Sebuah form yang harus diisi para korbannya agar email tidak ditangguhkan.

Korban yang terbuai pun akan mengisi seluruh data yang diminta. Dan jika semua itu dilakukan, sudah pasti data tersebut akan jatuh ke tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.