Foto Kamu Bisa Dijual Lewat Ini,

Posted by Pakar Bola

Image634754807337812500Anda seorang fotografer? Bingung karena menumpuknya foto-foto di Instagram dan tak menghasilkan uang? Tidak tahu harus berbuat apa? Coba buat pemikiran dan langkah baru. Mungkin beberapa diantara Anda selama ini menggunakan jasa situs stock photo untuk menyimpan dan menjual foto-foto hasil dari DSLR atau kamera lainnya. Contohnya seperti di Flickr, Deviantart, dan masih banyak yang situs sejenis lainnya. Kini telah hadir situs baru untuk jual beli foto-foto hasil Instagram.

Hashpix adalah situs penjual bentuk cetak dari semua foto hasil Instagram. Keuntungan yang dapat diperoleh dengan berjualan foto di Haspix adalah  tentu saja hal pertama adalah mendapatkan uang. Keuntungan kedua adalah masalah efisiensi. Ketika foto Anda dibeli oleh seseorang, maka untuk masalah proses jual belinya, pencetakan foto atau gambar, sampai dari pengiriman dikerjakan oleh Hashpix. Anda hanya menunggu datangnya kiriman uang yang akan langsung ditransfer oleh Hashpix melalui PayPal.

Untuk menjual foto di Hashpix, Anda diwajibkan mengisi formulir untuk mengidentifikasi foto Anda tersebut. Syarat kedua adalah, foto Anda harus banyak mendapatkan 'like' dan komentar dari orang lain. Syarat berikutnya adalah, Anda harus aktif di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau Tumblr. Dikarenakan Hashpix ini masih beta, maka pihak Hashpix sendiri tidak berani menjamin, semua foto dapat ditampilkan.

Di halaman awal atau juga halaman utama situs ini, akan menampilkan 12 foto yang dijual. Setiap foto dilengkapi dengan identitas sang fotografer beserta alamat Twitter mereka. Di bagian atas terdapat tiga pilihan cetak untuk setiap foto, yaitu ukuran 5 x 5, 8 x 10, 10 x 10 cm. Untuk setiap ukuran tersebut mempunyai nilai jual sendiri-sendiri. Satu foto mempunyai dijual dengan harga mulai USD 18 sampai USD 22. Selain itu, para pembeli foto di situs ini dapat memilih bentuk setiap foto yang akan dicetak. Terdapat beberapa pilihan seperti posters, postcards, canvas prints, bamboo shadowbox frames, magnets dan masih banyak lainnya. Menurut Mashable.com, dari setiap foto yang terjual, Hashpix meminta royalti sebesar 30 persen.