Dean Slavnich, Chairman 'International Engine of the Year' dan Editor Engine Technology International, menyatakan bahwa mesin Ford EcoBoost 1.0 liter memang luar biasa dan sudah selayaknya mendapatkan kemenangan. Mesin ini, yang cukup kecil untuk dimuatkan pada selembar kertas A4, dirancang di pusat teknis Ford di Dunton, Inggris, dan Merkenich, Jerman. Mesin ini dibangun di fasilitas Ford di Craiova, Rumania, dan Cologne, Jerman.
EcoBoost 1.0 liter menggunakan low-inertia turbo untuk menghasilkan tenaga dengan cepat saat pedal gas ditekan mulai dari RPM rendah dan menghasilkan tenaga tinggi pada kecepatan sampai 248.000 RPM. EcoBoost 1.0 liter tampil perdana tahun ini pada Focus di Eropa dan akan disediakan pada C-MAX dan B-MAX tahun ini. EcoBoost 1.0 liter akan disediakan pada model Ford di Amerika Serikat dan Asia Pasifik dan Afrika tahun depan.
Focus EcoBoost 1.0 liter 100 PS menghasilkan emisi CO2 109 g/km dan penghematan bahan bakar 4,8 l/100 km (58,9 mpg). Model 125 PS menghasilkan 5,0 l/100 km (56,5 mpg) dan emisi CO2 114 g/km.
Dalam bulan pertama penjualannya di seluruh Eropa lebih dari 4.700 pelanggan memesan Focus EcoBoost 1.0 liter, yang mencakup sekitar seperempat dari seluruh mobil Ford Focus yang dipesan di 19 pasar tradisional Ford di Eropa.
Ford Eropa berencana meningkatkan tiga kali lipat produksi kendaraan tahunan yang dilengkapi mesin bensin EcoBoost yang efisien ke sekitar 480.000 sampai 2015, dari 141.000 di tahun 2011. Ford memproyeksikan bahwa lebih dari 300.000 kendaraan tersebut akan dilengkapi dengan EcoBoost 1.0 liter.
Sebelumnya diberitakan bahwa mesin EcoBoost 1.0 liter baru dari Ford Motor Company, yang diluncurkan pada Focus di Eropa tahun ini, Jumat (15/6), mendapatkan penghargaan 'International Engine of the Year' 2012 berdasarkan pilihan yang diberikan oleh 76 jurnalis dari 35 negara di seluruh dunia.
Mesin 3 silinder kecil yang berteknologi tinggi ini juga memenangkan dua penghargaan 'Best New Engine' dan 'Best Engine Under 1.0-litre' yang dianugerahkan oleh majalah Engine Technology International.
'International Engine of the Year' merupakan keputusan panel 76 jurnalis otomotif dari 35 negara di seluruh dunia.
Para juri mempertimbangkan kualitas berkendara, performa, penghematan bahan bakar, kesempurnaan dan keberhasilan penggunaan teknologi mesin canggih.