Anda Termasuk Orang "PeLor" ? Ini Tes nya

Posted by Pakar Bola

Image634753860333125000Bagi kebanyakan orang, rasa kantuk hanya datang saat tubuh merasa lelah atau sudah waktunya tidur karena sudah larut malam. Namun beberapa orang bisa juga tertidur saat sedang ngobrol atau berhenti di lampu merah saking mengantuknya.

Orang-orang yang sangat mudah jatuh tertidur atau disebut juga 'ngantukan' atau Pelor (nempel langsung molor)  biasanya punya masalah dengan pola tidur. Bisa jadi orang itu kurang tidur, atau cukup tidur namun kualitasnya tidak baik karna mengalami Obstructive Sleep Apnea (OSA) atau henti napas saat tidur.

OSA terjadi ketika jalan napas mengalami penyumbatan saat sedang tidur, sehingga terjadi henti napas yang tidak disadari selama tidur. Fenomena yang bisa terjadi hingga 400 kali dalam semalam ini membuat orang bangun dalam kondisi tidka segar karena kekurangan oksigen.

Dampak yang bisa langsung dirasakan adalah jadi ngantukan atau mudah sekali jatuh tertidur. Sementara dalam jangka panjang, kualitas tidur yang buruk juga berhubungan dengan berbagai risiko penyakit kronis seperti hipertensi, sakit jantung, kegemukan, diabetes dan bahkan kanker.

"Coba dijawab kuesioner berikut, lalu beri nilai di masing-masing pernyataan. Kalau nilai totalnya setelah dijumlah leih dari 10, maka orang tersebut termasuk kategori ngantukan," kata dr Lanny S Tanudjaya, dari Sleep Clinic RS Premiere Bintaro, dalam media gathering di Bintaro, Rabu (30/5/2012).

Pernyataan yang dimaksud dr Lanny berupa 8 kondisi yang bisa membuat orang merasa mengantuk. Tugas pasien adalah memberi nilai berdasarkan kemungkinan mengantuk pada tiap-tipa kondisi, mulai dari 0 (nol) untuk tidak mungkin mengantuk hingga 3 untuk sangat mungkin mengantuk.

1. Duduk dan membaca buku ( 0 1 2 3 )
2. Menonton TV ( 0 1 2 3 )
3. Duduk diam di tempat umum ( 0 1 2 3 )
4. Menumpang mobil selama 1 jam tanpa henti ( 0 1 2 3 )
5. Berbaring santai ( 0 1 2 3 )
6. Duduk dan berbincang dengan seseorang ( 0 1 2 3 )
7. Duduk diam setelah makan tanpa minum alkohol ( 0 1 2 3 )
8. Mengendarai mobil lalu berhenti di lampu merah ( 0 1 2 3 )

Keterangan

0: Tidak mungkin tertidur
1: Agak mudah tertidur
2: Mudah tertidur
3: Sangat mudah tertidur