Unesco Tetapkan Subak Bali Sebagai Warisan Dunia

Posted by Pakar Bola

Image-6677Unesco Tetapkan Subak Bali Sebagai Warisan Dunia - Kabar baik kembali datang untuk Indonesia. Organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah yang digunakan dalam cocok tanam padi di Bali ini resmi ditetapkan sebagai warisan dunia oleh Unesco.

"Satu lagi kabar gembira bagi bangsa Indonesia, akhirnya Bali Culture Landscape (Budaya Subak Bali) sebagai cermin Tri Hita Karana baru saja disetujui untuk ditetapkan sebagai Warisan Dunia Unesco," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Windu Nuryanti dalam pesan singkat yang diterima merdeka.com, Minggu (20/5).

Menurut Windu, terpilihnya Subak sebagai warisan dunia ini bukan perjuangan mudah. Membutuhkan setidaknya 12 tahun untuk meraih predikat warisan dunia tersebut.

"Setelah 12 tahun perjuangan. Dunia ikut bangga pada Indonesia. Terima kasih atas semua dukungannya," tutup Windu.

Penghargaan Subak sebagai warisan dunia diserahkan di markas UNESCO di Paris, Prancis pada Jumat (18/5) lalu.

Terpilihnya Subak, semakin menambah deretan hasil budaya Indonesia yang diakui oleh dunia, setelah sebelumnya Borobudur, Prambanan, batik, angklung, Tari Saman, dan sebagainya.

Subak sendiri merupakan organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah yang digunakan dalam cocok tanam padi di Bali. Subak ini biasanya memiliki pura yang dinamakan Pura Uluncarik, atau Pura Bedugul, yang khusus dibangun oleh para petani dan diperuntukkan bagi dewi kemakmuran dan kesuburan dewi Sri. Sistem pengairan ini diatur oleh seorang pemuka adat yang juga adalah seorang petani di Bali.