Cara Setting GPRS pada Tablet Lokal

Posted by Unknown

imoBuat yang punya Tablet Android merk lokal/Cina yang sudah didukung kemampuan call atau telepon, yang ditandai dengan adanya slot kartu SIM seperti IMO Z3, tentunya ada yang masih mengalami kesulitan untuk melakukan pengaturan/setting internet di jaringan 2G (GPRS) yang ada di Tablet. Sejatinya, buat yang baru memiliki tablet jenis ini bisa langsung terkoneksi dengan profile data 2G/GPRS operator ketika SIM card di sisipkan ke slot yang tersedia. Namun, sebelum menyisipkan kartu atau mencabut kartu dari ‘sarang’-nya, terlebih dahulu harus mematikan si Tablet Android (shutdown).

Tapi, buat yang tetap tidak bisa terkoneksi dengan data internet operator secara otomatis, bisa melakukan pengaturan profile internet/GPRS secara manual loh. Di tips kali ini, kami akan coba menjabarkan langkah singkat untuk melakukan pengaturan internet/GPRS di tablet jenis ini.

1. Setelah SIM card dimasukan ke slot yang tersedia (tablet dalam kondisi off), hidupkan tablet dengan memencet tombol power beberapa saat, hingga LED berwarna hijau menyala.

2. Tunggu sampai tampilan menu default tablet muncul. Di tahap ini, jika Tablet mengenali profile si kartu SIM, secara otomatis indikator sinyal akan ‘menyala’ dan muncul logo G (GSM/GPRS).

Namun jika tidak muncul, masuk ke menu ‘Settings’, pilih “Wireless & networks”.

3. Klik ‘Mobile networks’,  dan pilih “ Access Point Names”. Sebelumnya, klik atau centang (v) “Data enable” sampai warna hijau muncul (aktif/enable).

4. Selanjutnya sentuh/tekan ikon menu yang ada di pojok kanan atas layar (bertanda 4 buah garis), bersebelahan dengan ikon menu ‘Back’.

5. Klik “New APN”, dan isi data profile yang diminta dan disesuaikan dengan pengaturan dari operator yang digunakan.

Sebagai contoh :

Name                    : Excelcom

APN                      : www.xlgprs.net

Username             :xlgprs

Password              :proxl

MCC                      : 510

MNC                      :11

APN type              :default, supl

6. Berikutnya, sentuh/tekan kembali ikon menu yang ada di pojok kanan atas layar (bertanda 4 buah garis), bersebelahan dengan ikon menu ‘Back’.

7. Pilih “Save”, untuk menyimpan hasil pengaturan Anda.

8. Terakhir, lihat profile tersebut di menu “ Access Point Names” > APNs, dan aktifkan dengan menyentuh profile tersebut hingga muncul warna hijau.

9. Selesai. Tablet Android Anda sudah memiliki setting internet, dan bisa digunakan untuk browsing.

Selamat mencoba…!