Penjualan Mobil Bakal Terus Meningkat

Posted by Pakar Bola

3d11t33qDi awal tahun 2011 lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi jumlah kendaraan yang terjual di tanah air mencapai 880.000 unit. Namun di bulan November 2011 jumlah unit yang terjual saat ini telah mencapai 870.000 unit.

Tentu dengan melihat data ini dengan mudah target tersebut bisa terlampaui bahkan bisa terpecahkan dengan melebihi target penjualan.

"Memang benar laporan keuangan kami meningkat hingga 27 persen, dengan laba bersih 30 persen. Dan saat ini telah mencapai 870.000 unit untuk roda empat dan Astra meraih 55 persen, dan motor mencapai 8-8,1 juta dengan Honda mencapai 51 persen, saya rasa pangsa pasar akan tetap tumbuh di tahun mendatang," ujar Presdir PT. Astra International Tbk, di Workshop Wartawan Industri dan Otomotif, di Bandung.

Namun sayang Prijono Sugiarto, masih belum bisa mengatakan seberapa besar pertumbuhan kendaraan di 2012 nanti.

"2012 itu kita menunggu kabar dari Gaikindo saja, kalau Gaikindo mengatakan target di tahun 2012 mencapai 950.000 itu tidak mengapa, mudah-mudahan 1 juta unit juga tidak apa, kita sih ikut saja," ujar Prijono.

Namun tidak dipungkiri banjir Thailand akan berdampak meski sedikit di Industri otomotif tanah air. Hal ini terlihat dengan semakin menipisnya stok Toyota di Indonesia.

"November supply akan berkurang. Karena di sana sampai saat ini belum berproduksi, memang daerah Toyota tidak terendam namun jalanan untuk distribusinya yang terendam, jadi belum bisa berproduksi," tambah Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran, PT. Toyota Astra Motor.